Menpar Sarankan Helicity Buat Paket Wisata

HALAKKITA | JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya menyarankan Helicity untuk membuat paket wisata. Helicity adalah moda transportasi udara (helikopter) keluaran PT Whitesky Aviation yang beroperasi di Jakarta dan area di sekitarnya.

“Untuk produk (Helicity) kalau mau lebih lebar terbuka, harus pakai rumus 3A, akses, akomodasi, dan atraksi. Karena tidak bisa bediri sendiri sebagai transportasi company. Harus menjual package, kalau mahal (biayanya) akan susah,” kata Arief saat peluncuran Helicity di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2017).

Arief memberikan contoh dibuatkan paket reguler sehingga poinnya tak hanya akses. Helicity Tour, kata Arief , bisa bekerja sama dengan atraksi seperti diving, serta akomodasi dengan resor-resor di area Helicity beroperasi.

Bagi Arief, adanya paket wisata akan memudahkan Helicity untuk promosi. Harga juga bisa lebih bersaing.

“Saran saya bisa dibuat package. Karena nggak akan terlihat bahwa trasnportasinya mahal. Karena ada paket jadi (wisatawan) nggak perlu memikirkan lagi akomodasi dan atraksinya. Produk pun lebih mudah terjual. Pertama-tama (bisa dibuat) untuk high end di Bali, Kepulauan Seribu, Jakarta dan sekitarnya, juga Kepri seperti di Anambas, Pulau Bawah, dan Bintan. Itu banyak sekali customer-nya. Nanti Kemenpar akan mendukung Helicity untuk kerjasama dengan travel agent dan tur,” tambah dia.

Selain dibuat paket wisata, Arief juga mengatakan Helicity bisa membuat nomadic tourism. Menurut Arief banyak sekali titik wisata di Indonesia yang masih sulit untuk dijangkau, namun bisa dijangkau menggunakan helikopter.

Tepat hari ini, Helicity resmi beroperasi dengan beberapa rute yakni Jakarta-Bandung, Bintan-Singapura, dan Bali.

CEO PT Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja mengatakan keberadaan Helicity bertujuan untuk melengkapi moda transportasi yang saat ini sudah ada di Indonesia. Helikopter tersebut juga berfungsi sebagai transportasi antar kota di Indonesia dan menjadi bagian dari perkembangan sistem transportasi perkotaan.

“Helicity akan melayani area Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya, Kepulauan Seribu, Banten, hingga Bandung. Rute-rute tersebut ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan Indonesia,” kata Denon.

Untuk bisa menggunakan moda transportasi ini, penumpang harus menyiapkan biaya mulai Rp 7 juta rupiah per 15 menit. Khusus di Jakarta, akan ada promo mulai Selasa (5/12/2017) untuk keliling kota Jakarta dengan biaya Rp 5 juta per 15 menit dengan kapasitasnya empat orang.

Hingga saat ini, baru ada tiga helikopter Helicity yang beroperasi. Untuk Helicity Tour di Jakarta, titik terbang dan pendaratan berlokasi di Wisma Aldiron Pancoran.

 

Teks/Foto: Kompas.com

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »