Sudah Seharusnya Persib Diisi 50 Persen Pemain Lokal Jabar

HALAKKITA | BANDUNG – Mantan Pemain Persib, Suwitha Patha mengatakan menjadi pemain Maung Bandung memiliki kebanggaan tersendiri.

Umumnya pesepakbola Jawa Barat dan khususnya warga Kota Bandung, ingin bermain untuk Persib.

Suwitha, menyarankan manajemen Persib untuk mengarungi musim depan mengisi skuatnya dengan 50 persen pemain lokal asal Jawa Barat dan 50 persennya dari luar berikut pemain asing berkualitas.

“Sebab mereka (pamain lokal) mengetahui struktur keberadaan Persib dan sudah tahu situasi dan kondisinya, kalau orang luar belum tahu karakter dan kultur di Persib,” ujar Suwitha beberapa waktu lalu.

Orang lokal, dikatakan Suwitha, lebih menjiwai dan merasa memiliki. Pemain lokal tak melihat Persib bukan hanya kontrak semata, terlepas mau juara atau tidak.

“Tapi orang lokal itu ada kebanggaan tersendiri, bahkan anak-anak juga banyak yang bercita-cita menjadi pemain Persib,” ucap dia.

Suwitha Patha menegaskan Persib tak hanya dimiliki oleh pemain senior. Mulai dari anak kecil hingga orangtua ada rasa memiliki terhadap Persib.

Dikatakan Suwitha, musim kompetisi Liga 1 mendatang, manajemen harus memenuhi 50 persen pemain lokal Persib.

“Memang kini era profesional tapi pemain lokal juga banyak yang bagus dan ditunjang dengan asing berkualiatas akan lebih baik,” ujar Suwitha.

Ditegaskan Suwitha, pemain asal Bandung atau Jabar sangat banyak bahkan di luar menjadi andalan timnya.

“Banyak betul kalau selektif pemain bagus asal Jabar, yang main di luar jabar. Di sana (timnya) kenceng di sini susah, mungkin luput. Saya harap ke manajemen juga lebih diberdayakan pemain lokal,” ujar Suwitha.

“Biar bermain bagus tapi jarang bermain akan susah berkembang, jadi kuncinya harus dimainkan,” ujar Suwitha.

“Seperti halnya Febri Hariayadi dan Henhen mereka muncul setelah sering dimainkan,” ucap dia.

 

Teks/Foto: Tribunnews.com

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »