4 Makanan Alternatif Buat Atasi Masalah Pencernaan

HALAKKITA | JAKARTA – Sebagian besar orang, pernah mengalami masalah pencernaan yang diakibatkan karena salah makan ataupun peradangan pada saluran pencernaan. Peradangan pada usus besar menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk mengatasinya sebagian besar memilih mengonsumsi obat. Namun, perawatan untuk penyakit pada bagian pencernaan kadang membutuhkan biaya yang tinggi dan juga memiliki efek samping.

Tak hanya itu, studi yang diterbitkan oleh World Journal of Gastrointestinal Sugery beberapa waktu lalu mengungkapkan peradangan pada usus besar juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Dari beberapa penelitian mengatakan mengkonsumsi buah, sayuran, daging tanpa lemak, dan ikan akan mencegah terjadinya peradangan pada usus besar.

Connie Diekman, direktur University Nutrition di Universitas Washington, St. Louis, seperti dilansir Everyday Health, mengatakan; “Nutrisi yang baik adalah kunci untuk tubuh yang sehat, termasuk saluran pencernaan, karena nutrisi dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan penyakit, peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat.”

Pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi akan bermanfaat untuk mencegah peradangan pada usus besar. Berikut ini adalah jenis makanan yang dapat membantu mengatasi peradangan dalam usus besar;

1. Sayuran Cruciferous

Sayuran Cruciferous, seperti kubis atau kale, merupakan salah satu jenis sayuran yang kandungan nutrisinya dipercaya mampu mencegah kanker. Cruciferous ini kaya akan nutrisi seperti folat, beta-karoten, dan vitamin C, E, dan K, juga kaya akan mineral dan tinggi serat. Menurut Diekman sebelum dikonsumsi sayuran bergizi tinggi ini diolah dengan cara menumis, memanggang, atau mengukusnya.

2. Makanan yang difermentasikan

Menurut Brighman and Women’s Health Crohs’s dan Colitis Center, makanan hasil fermentasi seperti kefir, kombucha, dan asinan kubis mengandung probiotik aktif atau bakteri baik yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Salah satunya adalah fermentasi teh kombucha.

3. Jahe dan kunyit

Rempah-rempah seperti jahe dan kunyit biasanya digunakan untuk menambah cita rasa makanan, namun rempah-rempah ini juga bisa membantu mengurangi gejalan peradangan pada usus besar. Peradangan pada usus besar juga menimbulkan nyeri sendi, untuk mengurangi nyeri ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kunyit. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa mual, melancarkan pencernaan dan pernafasan yang akan mengurangi resiko peradangan pada usus besar.

4. Ikan mengandung Omega-3

Diekman mengatakan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak Omega-3 akan membantu mengurangi peradangan pada usus besar. Banyak penelitian yang mengatakan seringnya mengkonsumsi ikan yang mengandung Omega-3 akan mengurangi resiko penyakit kronis.

Omega-3 sangat penting bagi tubuh karena, tubuh tidak bisa menghasilkan lemak omega-3 tersebut. Lemak Omega-3 terkandung di dalam ikan seperti salmon dan ikan sarden. Sebaiknya tidak mengkonsumsi ikan dengan cara menggoreng, penelitian yang diterbitkan oleh Journal of food and science technology mengatakan cara memasak ikan dapat mengubah kandungan nutrisi. Ikan yang digoreng akan meningkatkan asam lemak jenuh dan kadar kolestrol, lebih baik ikan diolah dengan cara di panggang.

Makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Pola makan yang sehat akan membantu kesehatan tubuh. Saat melakukan diet sebaiknya konsultasikan ke dokter. Makanan yang dibilang sehat pun bisa memilki masalah bagi kesehatan seseorang.

 

Teks/Foto: CNNIndonesia.com

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »