5 Titik Ini Pas untuk Habiskan Libur Akhir Pekan di Kota Semarang

HALAKKITA | JAKARTA – Banyak tempat wisata yang bisa dituju di Kota Semarang, Jawa Tengah. Ada Masjid Agung Jawa Tengah, Vihara Avalokitesvara, Goa Kreo, hingga Pantai Marina. Mal, toserba, penginapan dan hotel, serta tempat hiburan bertebaran di sana. Suasana malam hari bisa dinikmati di seputaran Simpang Lima.  Ada sekitar 900 kafe dan restoran di kota ini, sebagian bahkan beroperasi 24 jam. Itu belum termasuk angkringan yang banyak dijumpai di berbagai tempat.

Lima tempat di Kota Semarang ini bisa jadi pilihan untuk yang ingin jalan-jalan, menghabiskan libur akhir pekan yang terbatas.

1. Bantaran Sungai Banjir Kanal Barat

Wajah kawasan ini tak lagi keras. Ada area pedestrian, yang nyaman, dan menyenangkan bagi para pejalan kaki. Ada tempat lari kecil atau jogging track.  Trotoar kian terlihat cantik oleh ornamen warna-warni dan kursi taman. Cukup enak untuk nongkrongmenghabiskan waktu, mungkinn, bersama teman atau kerabat.

2. Pasar Kembang Kalisari 

Pasar Kembang saat ini sudah tertata dan memiliki desain baru. Trotoarnya cukup lebar dan memiliki taman buatan yang “Instagramable”.  Perumahan kampung di dekatnya pun kini berjuluk Kampung Pelangi karena dicat warna-warni, yang bisa menarik pendatang untuk dijadikan tempat selfieatau groufie.

3. Kota Lama

Kawasan ini sekarang lebih bergaya ‘now’. Sejumlah bangunan zaman ‘old’ dijadikan resto, kafe, dan sebentar lagi ada Old City 3D Trick Art Museum.  Gereja Blenduk yang masih berdiri kokoh di sana kerap dijadikan latar belakang berfoto. Aneka cendera mata bisa dibeli di pasar rakyat yang berada di kawasan ini. Bagunan-bangunan kuno di sana kerap dijadikan tempat berswafoto.

4. Lawang Sewu

Bangunan ini tak lagi identik wisata ‘dunia lain’.  Terlihat lebih apik dengan ornamen-ornamen lawas yang dipertahankan.

Tak jauh dari tempat ini, Klenteng Sam Poo Kong berdiri megah. Klenteng yang menjadi situs petilasan pendaratan laksamana Tiongkok, Cheng Ho atau Zheng He yang di dalamnya juga ada musala. Pengelola Sam Poo Kong menyewakan pakaian tradisional Tiongkok untuk pengunjung yang hendak berfoto dalam satu paket pemotretan serta pencetakannya.

5. Gunung Pati

Lokasinya bisa ditempuh selama sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Kawasan pegunungan yang berhawa sejuk, sentra tanaman durian. Bulan Desember waktu yang cocok bagi para penggemar durian. Di tempat ini bisa didapati penjaja durian dengan harga lebih murah ketimbang di perkotaan.

 

Teks/Foto: Tempo.co

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »