WhatsApp Uji Fitur Baru untuk Antisipasi Hoaks

HALAKKITA | JAKARTA – Pesan hoaks seringkali menjadi viral setelah dibagikan berkali-kali lewat media sosial ataupun layanan perpesanan. Untuk menangkal pesan berantai ini, WhatsApp tengah menguji fitur yang akan memberitahu pengguna bahwa pesan itu telah dibagikan berkali-kali.

Notifikasi ini akan muncul untuk pesan yang sudah dibagikan lebih dari 25 kali dengan fitur ‘forward‘. Pemberitahuan yang bertuliskan “Forwarded Many Times” atau telah diteruskan berkali-kali akan muncul di bawah pesan yang diteruskan itu. Saat ini, notifikasi tersebut hanya muncul pada pesan yang terkirim.

WhatsApp menyarankan untuk mencegah pesan ini muncul saat pengguna ingin mengirimkan pesan ke banyak orang, bisa menggunakan opsi Broadcast List.

Dengan fitur ini, hanya orang-orang yang memiliki nomor pengguna dalam kontak mereka yang akan menerima pesan tersebut. Dengan kata lain, fitur ini tak bisa disalahgunakan untuk mengirim pesan kepada orang yang tak menyimpan nomor pengirim pesan.

Saat ini, WhatsApp tidak memblokir pesan yang diteruskan lebih dari 25 kali. Lantaran masih dalam pengembangan, masih belum jelas bagaimana WhatsApp akan menerapkan fitur ini nantinya.

Meski demikian, penyebar hoaks mungkin akan segera menemukan cara untuk mengakali hal ini. Tapi setidaknya fitur ini akan memperlambat kerja mereka.

Kepada WhatsAppen, juru bicara WhatsApp menyebut bahwa perusahaan itu tengah mengawasi penyebaran spam di platformnya dengan ketat dan akan mengambil langkah pencegahan.

Jika Anda mendapat pesan sampah (spam) yang dikirim ke banyak orang sekaligus, ada baiknya Anda melaporkan nomor tersebut.

WhatsApp sendiri sebenarnya punya perangkat untuk mendeteksi spam secara otomatis. Tapi, laporan aktif dari pengguna akan lebih efektif untuk mengatasi penyebar spam, demikian diberitakan WhatsApp Beta Info.

 

Teks/Foto: CNNIndonesia.com

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »