Senat AS Bertekad Akhiri ‘Shutdown’

HALAKKITA| JAKARTA – Senat Amerika Serikat akan memungut suara untuk mengakhiri ‘shutdown’ atau berhentinya pemerintahan karena tidak disepakatinya anggaran. Ketua Mayoritas Mitch McConnell berjanji untuk mengambil langkah dalam program imigrasi yang bisa merangkul Partai Demokrat agar ‘shutdown’ segera berakhir.

Pemungutan suara dimajukan menjadi Senin siang waktu Amerika Serikat setelah Partai Demokrat menyatakan bakal memblokir anggaran karena tidak sepakat soal sejumlah hal, terutama program imigrasi. Antara lain menyangkut imigran yang datang ke Amerika Serikat saat anak-anak, yakni Deferred Action for Childhood Arrivals (DACA).

Senator Whip John Cornyn asal Texas mengatakan dia pikir pemimpin minoritas Senat Chuck Schumer sepakat untuk mendorong voting untuk mengakhiri ‘shutdown’.

“Lebih baik sukses dalam voting besok, daripada voting yang gagal malam ini,” kata Cornyn seperti dilaporkan CNN.

Tidak jelas apakah janji McConell cukup untuk memenangkan 60 suara guna meloloskan resolusi. Tapi sedikitnya satu suara dia peroleh dari Senator Jeff Flake, Senator Arizona asal Partai Republik yang mengubah penolakannya menjadi dukungan.

Partai Republik hanya memiliki 51 suara di Senat dan memerlukan suara Partai Demokrat untuk mengesahkan anggaran.

Minggu (21/1) malam, McConnel memberikan  pilihan, apakah masalah-masalah akan diselesaikan sebelum pendanaan berakhir 8 Februari 2018, dengan asumsi pemerintahan tetap berjalan, dan akan ada legislasi khusus yang membahas DACA, keamanan perbatasan dan isu-isu terkait.

Partai Republik ingin menanti hingga 8 Februari. Adapun Partai Demokrat tetap ingin program DACA disertakan dalam anggaran berikutnya. Selain itu ada beberapa faktor lain yang masih bakal mengganjal, dan  mengancam bakal berlanjutnya ‘shutdown’ di pemerintahan Amerika Serikat.

 

Teks/Foto: CNNIndonesia.com

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »