Walikota Tebingtinggi Resmikan 25 Titik IPAL

HALAKKITA | TEBINGTINGGI – Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan meresmikan 25 titik Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal yang berada di 5 Kecamatan se Kota Tebingtinggi, Rabu sore (14/3), di Lapangan Kota Bayu Kecamatan Padang Hulu kota setempat.

Walikota atas nama Pemerintah Kota Tebingtinggi memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada warga yang telah menyerahkan lahannya secara swadaya dan ini merupakan suatu wujud kepedulian warga terhadap pembangunan yang dilakukan di Tebingtinggi.

“Memberikan lahannya sebagian untuk kepentingan umum seperti membuat IPAL (Instalasi Pengelolahan Air Limbah) Komunal secara cuma-cuma atau untuk jalan setapak, itu sama saja dengan membuat jalan orang yang menyumbangkan menuju syurga,” jelas Umar.

Walikota berharap, pembangunan IPAL Komunal yang dikerjakan secara bersama-sama oleh BKM dan KSM ini, selanjutnya setelah selesai dibangun agar tidak dibiarkan begitu saja, harus ada Kelompok Pengguna dan Pemelihara (KPP) yang bertanggungjawab atas keberlanjutan IPAL yang juga dilakukan masyarakat itu sendiri.

Karenanya masyarakat harus tetap menjaga dan memelihara kekompakan jangan sampai pecah kongsi. “Kebijakan apapun yang akan dilakukan harus dimusyawarahkan bersama-sama dengan warga, jangan hanya kemauan ketua dan sekretarisnya saja. Jika semua dilaksanakan atas kesepakatan bersama tentunya tidak akan terjadi masalah,” imbuh walikota.

Dijelaskan walikota, program yang didanai dari Islamic Development Bank (IDB) ini bertujuan untuk motivasi membangun kebersamaan untuk mengatasi ketidaklayakan hidup. Lokasi IPAL Komunal ini dapat juga dimanfaatkan warga untuk tempat bersosialisasi warga setempat dan generasi muda, atau tempat bermain anak dan berolahraga. “Program Sanimas IDB ini merupakan upaya untuk mencapai target universal akses 100-0-100 tahun 2019 yakni pencapaian target 100 % Pelayanan Air Minum, 0 % Kawasan Kumuh dan 100 % Sanitasi yang layak,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Gul Bakhri Siregar sebagai Kepala DPIU (District Project Implementation Unit) dalam laporannya menyampaikan, penetapan lokasi IPAL Komunal Program Sanimas IDB tahun 2015-2016 terdapat 9 titik. Untuk tahun 2017 sebanyak 30 titik dimana telah terealisir 17 titik dan diluncurkan 13 titik di tahun 2018.muslem

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »