Wawako : RPJMD Harus Mampu Mengadaptasi Kebutuhan Masyarakat

HALAKKITA | TEBINGTINGGI – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) diharapkan mampu mengadaptasi kebutuhan masyarakat sekaligus memaksimalkan potensi lokal. Selain itu, RPJMD juga harus mampu menyesuaikan dinamika lingkungan eksternal serta memperkuat daya saing daerah yang kemudian dijabarkan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dan Rencana Strategis Organisasi Perangkat Daerah (Renstra OPD).

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Tebingtinggi H Oki Doni Siregar pada pembukaan Sosialisasi Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (Lakip) di lingkungan Pemko Tebingtinggi, Kamis (22/3/2018), di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo kota setempat.

Menurut Oki, RPJMD harus diterjemahkan secara terukur dan realistik agar arah pembangunan daerah beserta langkah strategisnya dapat mencapai manfaat, serta sebagai evaluator melakukan penilaian dan pembinaan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah daerah.

Kepada seluruh organisasi perangkat daerah, Wakil Walikota berharap agar lebih memahami kedudukan RPJMD sebagai penjabaran visi dan misi walikota, dan Dokumen Rencana Kerja, Rencana Kinerja Tahunan dan Perjanjian Kinerja OPD.

“Pimpinan OPD harus benar-benar memahami apa itu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), minimal harus paham untuk apa organisasi ada. Untuk itu diharapkan para peserta sosialisasi agar mengikuti dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh ilmu yang disampaikan para narasumber serta meningkatkan kinerja di masing-masing OPD,” imbuh Oki.

Sosialisasi yang diikuti para pimpinan OPD dan bagian perencanaan masing-masing OPD itu menghadirkan narasumber, Asisten Deputi Pelaksanaan Kebijakan dan Evakuasi Reformasi Birokrasi, Kamaruddin dan Kabid Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kementrian PAN-RB RI, Budi Prawira.muslem

Print Friendly, PDF & Email



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »